Hosting dan Domain

Namecheap atau Godaddy? Domain Registar Terbaik 2019

Bagi Anda para pebisnis online, bloger dan mereka yang berkecimpung di dunia maya, nama domain termasuk kunci kesuksesan berada di dunia tersebut. Begitu pula yang terjadi di Indonesia. Persaingan untuk menyediakan domain registar pun mencuat. Diikuti oleh banyak perusahaan penyedia nama domain. Dua di antaranya yang familier adalah Namecheap dan Godaddy.

Kedua perusahan tadi, Namecheap dan Godaddy dikenal luas di kalangan penggiat online. Lalu, kira-kira siapa yang lebih unggul dan patut dijadikan pilihan Anda? Sebelum menentukan siapa domain registar terbaik 2019, cek di sini informasinya yuk!

Sekilas tentang Domain Registar

Domain registation
Domain registation

Kenali info mengenai domain registar dulu, ya. Domain registar adalah tempat untuk mendaftarkan nama domain yang berniat Anda miliki. Perusahaan atau organisasi yang menyediakan layanan tersebut harus memiliki akreditasi dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Atau sudah diakui dengan Country Code Top- Level Domain (ccTLD).

Pengertian domain sendiri adalah alamat unik yang menjadi identitas Anda, perusahaan, server komputer, atau surat elektronik pada jaringan internet. Nah, sebelum digunakan, domain sebagai website dan alamat surel perlu dikelola via hosting.

Ada beberapa perusahaan penyedia domain registar seperti BlueHost, GoDaddy, HostGator, iPage, dan Namecheap. Perusahaan penyedia domain tersebut dikenal luas di dunia maya. Penggunanya pun bertebaran di mana-mana. Masih bingung memutuskan mana yang terbaik untuk nama domain Anda? Dan siapa yang terbaik di tahun 2019 ini? Cek kelebihan dan kekurangannya dulu. Dua di antaranya akan dibahas di sini, yaitu GoDaddy dan Namecheap.

Namecheap

Namecheap
Namecheap

Perusahaan ini berdiri tahun 2000 di Los Angeles, California Amerika Serikat. Kantor pusat Namecheap berada di Phoeniz, Arizona.

Pria di belakang berdirinya Namecheap sekaligus CEO, Richard Kirkendall, berniat membantu pihak yang butuh layanan nama domain. Menurutnya, mereka butuh harga hemat berkualitas dengan layanan prima. Walaupun mereka awam dengan internet dan pernak-perniknya.

Tidak heran jika perusahaan tersebut sering masuk ke deretan domain registar terbaik dunia. Dan meraih pula layanan terpopuler di mata para pengguna. Layanannya pun termasuk web hosting. Namecheap telah memiliki 3 juta pelanggan serta ada 7 juta domain yang dikelolanya.

Kekuatan Namecheap adalah kepeduliaan terhadap pelanggan yang dianggap amatir di dunia maya. Bagi perusahaan ini, mereka melayani manusia bukan berupa angka atau data. Moto Namecheap yaitu “Address Your Life!” menarik perhatian calon pelanggan.

GoDaddy

Godaddy
Godaddy

Perusahaan ini bergerak di bidang yang sama dengan Namecheap. Bob Parsons mendirikan GoDaddy di Baltimore Maryland tahun 1997. Kantor pusatnya berada di Scottsdale, Arizona Amerika Serikat. Anak perusahaan GoDaddy antara lain Nodejitsu, Sucuri, dan Media Temple.

Menurut data per Mei tahun ini, GoDaddy memiliki 17 juta pelanggan di seluruh dunia. Jumlah karyawannya sekitar 6000 orang. GoDaddy gencar beriklan di internet. Terbukti banyak calon pelanggan tertarik dan mendaftar nama domain di perusahaan tersebut.

GoDaddy sejak tahun 2013 dipimpin oleh Blake Irving. CEO baru ini masif menjual jasa pelayanan yang ditawarkan perusahaannya. GoDaddy berkembang pesat dan diakui sebagai perusahaan web hosting plus domain registar tepercaya.

Pengalaman yang dimiliki GoDaddy dibandingkan perusahaan sejenis membuat mereka mampu menawarkan harga hemat. Persaingan di bidang ini ketat. Beragam penghargaan yang diterima GoDaddy, sukses memancing pelanggan baru.

Ulasan Perbandingan antara Namecheap dan GoDaddy

Godaddy Vs namecheap
Godaddy Vs namecheap

Jika ingin membandingkan kedua perusahaan tersebut, ada beberapa poin yang dapat diperhatikan antara lain:

  • Harga

Banyak pelanggan memutuskan mendaftarkan nama domain karena harga yang ditawarkan perusahaan penyedia. Maka harga sering menjadi penentu. Biasanya penyedia nama domain menawarkan harga pembukaan, lalu menaikkan harganya.

Harga yang dimaksud adalah harga perpanjangan satu tahun untuk nama domain. Namecheap menetapkan harga 10.60 dolar Amerika Serikat per tahun, sedangkan GoDaddy harganya 14.99 dolar Amerika Serikat setahun. Keduanya untuk nama domain (domain .com).

Tapi GoDaddy menawarkan banyak diskon menarik. Penyedia nama domain tersebut memberikan diskon, sehingga pelanggan cukup membayar 0.99 dolar AS. Namecheap tidak menyediakan diskon. Namun, pelanggan mendapatkan tambahan layanan seperti Guard WHOIS dan surat elektronik. Dengan Guard WHOIS, nama domain Anda terproteksi. Anda pun tidak perlu repot membuat surel khusus.

Nah, bila Anda berencana menjalankan website lebih dari 2 tahun, pilih Namecheap. Apalagi jika nama domain kurang dari 100. GoDaddy patut dipertimbangkan oleh pemilik nama domain yang sekitar 100 lebih, karena lebih murah. Dan tersedia GoDaddy Domain Discount Club, sekitar 120 dolar AS per tahun ketika bergabung. Selain itu jika telah menjadi pelanggan, ada tambahan diskon 8.29 dolar per tahunnya. Menarik, ya?

Harga GoDaddy tergolong hemat jika ingin mengklaim nama domain lebih dahulu. Namun, jangan terburu-buru memutuskan hanya dengan melihat harga. Perhatikan poin lainnya.

  • Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan dari Namecheap dan GoDaddy ini ditelusuri dari pengalaman saat membeli nama domain, saat memakai dan melakukan navigasi website. Menurut mereka ada beberapa kelemahan dan kelebihan Namecheap. Begitu pula dengan GoDaddy.

Namecheap terkadang memiliki masalah dengan pembaruan navigasi, tetapi mudah check-out, kinerja mesin saran bagus, panduan informasi (knowledge-base) berfungsi, dukungan chat cepat tapi tidak dengan telepon, lalu kerangka desainnya sederhana.

GoDaddy dalam hal proses check-out membuat bingung pengguna, domain manager memakai window sekunder sehingga terpisah (domain tampak off-line), mesin saran terlalu sering menyarankan upsells, skema warna bersih tapi tercemari upsells, panduan informasi sangat luas, dukungan chat dan surel standar tapi telepon baik.

Desain GoDaddy yang berantakan serta terlalu banyak upsells membuat pelanggan kecewa. GoDaddy juga tak memberikan surel dan paket foto secara gratis ketika pelanggan membeli nama domain di perusahaan tersebut. Namecheap menyediakan surel gratis, saat pelanggan membeli nama domain di sana. Namecheap pun menang pengalaman dibanding GoDaddy.

  • Interface

Interface atau antarmuka harus mudah digunakan. Berdasarkan tampilan dan kemudahan yang tersedia, pengguna profesional menilai bahwa Namecheap unggul daripada GoDaddy.

Kelebihan antarmuka GoDaddy adalah dukungan knowledge-base yang luas dan mudah dicari di internet.

  • Fitur Tambahan

Ada beberapa tambahan layanan yang diberikan perusahaan ketika Anda membeli nama domain. Pelanggan tentu mengharapkan ekstra seperti keamanan dan hal yang berharga, seperti pengaturan privacy.

DNS GoDaddy pernah diretas sedangkan Namecheap belum. Anda akan mendpatkan fitur email gratis jika menggunakan namecheap. Tidak begitu dengan GoDaddy yang menganjurkan pelanggan membeli lagi. WHOIS Guard termasuk layanan yang disediakan Namecheap dan GoDaddy berbayar. GoDaddy memberikan paket hosting terbatas selama setahun, plus ruang penyimpanan foto. Namecheap menawarkan beragam layanan shared-hosting.

Kesimpulan yang Didapat

Namecheap
Namecheap terunggul

Selain poin tadi, ada beberapa hal lain yang dapat dibandingkan seperti upsells dan prinsip perusahaan. Namun, kedua hal tersebut kembali memunculkan Namecheap sebagai unggulan.

Apalagi bila Anda masih punya nama domain di provider lain. Namecheap menyediakan layanan termudah bagi pelanggannya untuk transfer nama domain tersebut. Jika pengguna merencanakan membangun website-nya dalam jangka waktu lama, Namecheap patut diperhitungkan.

Maka setelah menilai dan membandingkan, domain registar terbaik tahun 2019 dipegang oleh Namecheap. Meskipun ada pula aspek positif dari GoDaddy. Semoga ulasan ini membantu, ya. Dan keputusan tetap di tangan Anda sebagai pengguna kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *